Keuntungan dan Kerugian Mesin Pemotongan Laser

Ada beberapa keuntungan dan kerugian menggunakan mesin pemotongan laser tergantung pada penggunaan sebenarnya. Keunggulan pemotongan laser dibandingkan pemotongan mekanis adalah kemudahan kerja dan lebih sedikit kontaminasi benda kerja. Untuk info lebih lanjut bisa klik www.tritunggalmetal.com.

Presisi kerja bisa lebih baik karena kekuatan sinar laser tidak berkurang selama pengoperasian. Risiko pembengkokan material juga lebih kecil karena sistem laser memiliki area kecil yang terpengaruh panas. Sangat sulit atau bahkan tidak mungkin untuk memotong beberapa bahan bahkan dengan metode tradisional.

Pemotongan logam laser berbeda dengan pemotongan plasma karena lebih presisi, lebih cepat dan lebih halus, mengkonsumsi lebih sedikit energi saat memotong lembaran logam dan menawarkan kualitas pengukiran yang tak tertandingi.

Mesin pemotongan laser baru yang beroperasi dengan daya lebih tinggi (6000 watt versus 1500 watt pada awal pemotongan laser) mirip dengan mesin plasma dalam kemampuannya memotong bahan yang lebih tebal, tetapi membutuhkan biaya investasi untuk ini. mesin jauh lebih tinggi dari mesin plasma. Memotong.

Pemotongan laser juga memungkinkan pemotongan pola yang sangat rumit. Hasil pemotongan laser ini sangat mengagumkan, sehingga mesin ini dapat mengurangi pekerjaan finishing. Selain itu mesin ini sangat presisi, mesin ini memotong seluruh pola sesuai design yang dibuat. Ini memiliki kecepatan yang sangat tinggi. Tidak ada batasan untuk segmen digital.

Bahan yang dapat dipotong dengan laser cutting adalah akrilik, kayu, MDF, duplex, gabus, stainless steel (aluminium), dan bahan lunak seperti kulit, kertas, karet, dan silikon.

Pemotongan laser banyak digunakan untuk membuat barang dekoratif interior dan eksterior, serta berbagai macam kebutuhan sehari-hari seperti furniture, berbagai peralatan rumah tangga, pakaian, dll.

Selain itu mesin pemotongan laser ini juga memiliki beberapa kekurangan. Kelemahan dari mesin ini adalah mengkonsumsi banyak listrik. Efisiensi pemotongan laser dapat berkisar dari 5% hingga 15%. Tentu saja, konsumsi daya dan efisiensi laser itu sendiri akan bervariasi bergantung pada daya keluaran. Itu tergantung pada jenis laser yang digunakan dan kesesuaian sinar laser untuk pekerjaan itu.

Program seperti CorelDraw, Illustrator, dan Inkspace harus terbuka di program pemotongan laser Anda. Kemudian digunakan untuk menentukan arah pergerakan kepala laser (laser head). Harganya tergantung dari ukuran pola potong laser yang dihasilkan. Semakin besar pola potong laser, semakin tinggi harga yang dihasilkan.

Sekian artikel yang bisa saya sampaikan, semoga bisa memberikan lebih banyak informasi kepada pembaca dan jika ada kata yang salah mohon dimaafkan. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *